STRATEGIES OF KNOWLEDGE SHARING IN HRM

  1. Pendahuluan

Harus diakui bahwa kecenderungan dari sebagian besar karyawan tidak mau melakukan Knowledge Sharing & Transfer kepada rekan sekerja atau bawahannya di dalam perusahaan, alasannya sederhana saja agar tidak tersaingi atau lebih ekstremnya agar tidak tersingkirkan. Oleh karena itu,Knowledge Sharing & Transfer merupakan tantangan bagi perusahaan.

Secara sederhana, KS&T merupakan proses pertukaranknowledge  antara beberapa orang yang saling berkepentingan atau yang tergabung di dalam komunitas. Perusahaan sadar akan pentingnya knowledge sebagai asetintangible yang sangat berharga untuk menciptakan dan mempertahankan keunggulan kompetitif perusahaan. Banyak faktor yang mempengaruhi akan keberhasilannya sebuah proses KS&T, antara lain teknologi, budaya organisasi, kepercayaan, dan intensif.Guzman dan Wilson (2005) menyatakan bahwa rintangan dan masalah dari Knowledge Sharing & Transfer adalah kekompleksitasan proses sosial yang terjadi selama proses sharing berlangsung.

Dalam hal Knowledge Sharing & Transfer di Human Resource Management, proses pengembangan strategi HRM yang strategis memungkinkan perusahaan untuk lebih memahami sumber daya manusia yang tersedia bagi mereka, menentukan apa sumber daya manusia yang mereka butuhkan, memutuskan cara terbaik untuk menggunakan sumber daya manusia yang mereka miliki, dan mengembangkan sistem untuk memastikan kebutuhan sumber daya manusia-nya tercukupi.

Mengembangkan rencana HRM yang strategis akan membantu perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhannya untuk memiliki karyawan yang berkualitas yang dapat memenuhi fungsi pekerjaan mereka dengan baik. Maka dari itu diperlukanlah strategi knowledge transfer yang baik dan tepat agar HRM dapat dengan mudah mengidentifikasi, menyimpan dan mentransfer knowledge yang dapat digunakan untuk mengembangkan system ataupun memastikan system yang ada berjalan dengan baik.

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi akan keberhasilannya penerapan Knowledge Sharing & Transfer dalam Human Resource Managementadalah pemilihan strategi yang tepat dalam pelaksanaannya. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam mengidentifikasi, menyimpan, dan metransfer knowledge yang ada. Dalam report kali ini, kami menjelaskan tentang strategi untuk mentransfer knowledge dalam Human Resource Management.

2. Strategies of Knowledge Transfer in Human Resource Management

Strategies-for-Knowledge-Transfer

  • Collective Sequential Transfer

Satu ongoing team yang khusus melakukan suatu tugas khusus bergerak ke lokasi lain dan melakukan tugas yang sama.

Disini terjadi transfer pengetahuan dari satu lokasi ke lokasi lainnya oleh tim yang sama, dan terfokus pada kolaborasi dan pengetahuan kolektif.

  • Explicit Interteam Transfer

Memungkinkan tim yang telah melakukan pekerjaan di sebuah lokasi untuk berbagi pengalaman dengan tim lain bekerja pada pekerjaan yang sama di lokasi lain.

Sebagian besar pengetahuan ditransfer rekan secara rutin dan prosedur biasanya tepat (explicit knowledge).

  • Tacit Knowledge Transfer

Knowledge transfer seperti ini dapat ditemukan dalam kasus yang kompleks, atau proyek internasional.

Tim penerima pengetahuan tacit dapat berada di lokasi yang berbeda, memiliki pengalaman yang berbeda, serta memiliki teknologi dan norma-norma budaya yang berbeda pula.

Seringkali pengetahuan yang akan ditransfer perlu dimodifikasi dalam bahasa dan lainnya, agar konten dapat digunakan oleh tim penerima.

3. Conclusion

Sebagian besar karyawan tidak mau melakukan Knowledge Sharing & Transferkepada rekan sekerja atau bawahannya di dalam perusahaan, alasannya sederhana saja agar tidak tersaingi , yang merupakan tantangan bagi perusahaan. Dalam proses pen-transferan pengetahuan diperlukan kerjasama tim yang baik antara anggota. Terdapat 3 strategi yang dapat digunakan untuk Knowledge Sharing & Transfer antara karyawan/tim/departemen antara lain, Collective Sequential transfer, Explicit Interteam Transfer dan Tacit Knowledge Transfer.

4. Refferences

https://jsofian.wordpress.com/2013/01/01/pilih-pilih-strategi-knowledge-sharing-transfer-dalam-perusahaan/

http://www.coursepark.com/blog/2011/07/4-steps-to-developing-a-strategic-human-resources-management-plan/

http://study.com/academy/lesson/strategic-human-resource-management-definition-importance.html

http://www.cipd.co.uk/hr-resources/factsheets/strategic-human-resource-management.aspx

http://turing.une.edu.au/~comp292/Lectures/HEADER_KM_2004_LEC_NOTES/node89.html

http://turing.une.edu.au/~comp292/Lectures/HEADER_KM_2004_LEC_NOTES/node90.html

http://turing.une.edu.au/~comp292/Lectures/HEADER_KM_2004_LEC_NOTES/node91.html

http://turing.une.edu.au/~comp292/Lectures/HEADER_KM_2004_LEC_NOTES/node92.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s